Edukasi101 Dukung Kemendikbud Latih 100 Guru SD Mengintegrasikan TIK dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

Untuk meningkatkan keterampilan Guru SD dalam mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran, Direktorat P2TK Dikdas Kemendikbud menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis ICT bagi Guru Sekolah Dasar. Lokakarya yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini diselenggarakan di dua lokasi yang berbeda, yaitu di Hotel Lor-Inn Solo, Jawa Tengah dan Hotel Millenium, Jakarta.

Workshop yang diselenggarakan di Hotel Lor-Inn Solo dihadiri oleh 50 orang Guru SD dari Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Millenium Jakarta dihadiri oleh 50 orang Guru SD dari wilayah Jawa Barat, Sumatera dan Aceh.

Dalam kegiatan ini Edukasi101, yang diwakili oleh Winastwan Gora mendapatkan kesempatan untuk memberikan materi pada sesi “Perancangan Pembelajaran Berbasis TIK dalam Kurikulum 2013” yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2014 (Hotel LorInn Solo) dan tanggal 22 Juni 2014 (Hotel Millenium Jakarta).

Apa saja yang disampaikan dalam kegiatan ini? Tujuan dari sesi yang disampaikan oleh Edukasi101 adalah memperkenalkan kepada para guru beberapa model pemanfaatan TIK untuk mendukung pembelajaran aktif (Quiz Interaktif untuk Evaluasi Pengetahuan Siswa, Pembelajaran Peta Konsep dan Penceritaan Digital untuk Melatih Keterampilan Komunikasi), memperkenalkan teknik pengelolaan kelas dengan jumlah komputer terbatas dan perancangan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK pada Kurikulum 2013.

Selama kurang lebih 10 jam, para peserta secara berkelompok mengembangkan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang mengintegrasikan 2 model (dari 3 model) pemanfaatan TIK, manajemen komputer terbatas dan menggunakan pendekatan saintifik serta menyediakan kelengkapan administratif pembelajaran seperti lembar kerja beserta media pembelajaran multimedia.

Teknologi yang dipilih untuk dideseminasikan memang bukanlah teknologi yang rumit, yaitu Microsoft PowerPoint untuk Quiz Evaluasi Siswa, MindMaple Lite untuk Pembuatan Peta Konsep, Microsoft PhotoStory dan Comic Story Maker untuk Penceritaan Digital. Tujuan dari memperkenalkan aplikasi sederhana ini agar mudah dikuasai oleh Guru dan mudah digunakan untuk para siswa di sekolah.

Di akhir kegiatan, semua kelompok ternyata berhasil merancang kegiatan pembelajaran aktif yang mengintegrasikan TIK di dalamnya. TIK yang sebelumnya masih dikuasai oleh Guru, dalam RPP para Guru SD ini, TIK akan digunakan pula oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Meski banyak dari Guru SD yang hadir belum pernah mendapatkan pelatihan Kurikulum 2013, mereka tetap memilih untuk merancangan RPP dengan Kurikulum 2013 dengan dalih persiapan untuk mengajar di tahun ajaran mendatang, dan mereka pun banyak belajar dari peserta yang telah mendapatkan pelatihan Kurikulum 2013.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of