Edukasi101 Hadirkan Kelase untuk Digitalisasi Pendidikan

Pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan jejaring sosial Facebook yang begitu mendunia. Dengan Facebook, kita dapat terkoneksi dengan teman, saudara dan orang lain yang sebelumnya belum kita kenal dari seluruh penjuru dunia. Kelase (dari bahasa jawa yang artinya “kelasnya“) memiliki fungsi utama yang sama dengan Facebook, yaitu sama-sama sebagai jejaring sosial. Bedanya, Kelase diperuntukkan bagi institusi pendidikan sehingga bersifat terbatas, artinya hanya dapat diakses oleh anggota institusi pendidikan tersebut (pendidik/guru, orang tua dan siswa). Layanan seperti ini biasanya disebut sebagai jejaring sosial privat (private social network). Bedanya lagi, Kelase menyediakan fitur-fitur khusus untuk mendukung kegiatan pembelajaran online.

Dengan Kelase, institusi pendidikan Anda (sekolah, perguruan tinggi, dan institusi pendidikan non-formal) dapat memiliki Facebook sendiri. Anggota sekolah dapat dengan mudah berkomunikasi dengan Kelase menggunakan komputer/laptop, smartphone maupun tablet karena memang kelase dirancang khusus untuk penggunaan mobile. Karena sifatnya yang terbatas (lingkup institusi) maka Kelase sangat aman bagi anak-anak, dimana mereka hanya akan berkomunikasi dengan anggota sekolah saja, tidak dengan orang asing seperti yang biasa dilakukan dengan jejaring sosial umum/terbuka.

Selain sebagai jejaring sosial, Kelase juga menyediakan layanan kelas online (online classroom) atau ruang kelas virtual (virtual classroom) seperti Learning Management System (LMS) pada umumnya. Para pendidik dapat dengan mudah berbagi sumber belajar, membuat aktivitas pembelajaran kolaboratif, memberikan penugasan, melakukan ujian dan test, serta mengembangkan keterampilan diskusi dan komunikasi lewat forum diskusi dan obrolan yang disediakan. Selain itu, disediakan pula fitur pelaporan yang akan mempermudah guru maupun orang tua memantau proses dan hasil belajar peserta didik.

Dengan Kelase, institusi pendidikan dapat dengan mudah memiliki layanan kelas online berikut jejaring sosial tanpa harus pusing memikirkan pengelolaan sistemnya (termasuk biayanya). Bahkan Kelase juga dapat dijadikan sebagai website institusi pendidikan Anda dengan mudah, dengan domain yang kustom (misalnya: http://sekolahanda.sch.id). Kelase bersifat gratis untuk versi Basic-nya, dan berbayar untuk versi Pro (premium) nya.

Kelase yang dikembangkan oleh Edukasi101 ini akan hadir dalam versi web-nya pada Tahun 2014, sedangkan versi Android dan platform lain akan segera menyusul. Apabila Anda tertarik untuk mencoba Kelase untuk institusi pendidikan yang Anda kelola, silahkan kunjungi website Kelase DISINI dan daftarkan alamat email Anda untuk mendapatkan kabar terbaru tentang tanggal peluncuran dan ujicoba terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *