Menu Tutup

Edukasi101 Menyelenggarakan Lokakarya Kepemimpinan Pendidikan Karakter Untuk Para Kepala Sekolah 40 SDN Binaan PT Trakindo Utama

Sekolah perlu dipersiapkan untuk menghadapi tantangan masa depan. Untuk mencapai tujuan sekolah dalam mewujudkan sekolah model pendidikan karakter dengan layanan prima, berdaya saing, inovatif, dan partisipatif maka kepala sekolah perlu untuk meninjau dan merumuskan kembali visi dan misi sekolah.

Visi adalah pandangan jauh ke depan tentang sekolah yang didambakan. Visi juga dapat diartikan sebagai cita-cita masa depan yang akan dicapai sekolah.  Sedangkan Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dilakukan oleh sekolah untuk mewujudkan visi. Jadi misi adalah berbagai upaya yang dapat dilakukan sekolah dalam rangka mencapai tujuan sekolah atau visi.

Visi sekolah yang baik adalah yang dirancang bukan hanya sekedar berdasarkan angan-angan (mimpi) Kepala Sekolah semata, namun harus berdasarkan pada: potensi yang dimiliki, tantangan dan juga harapan bersama pihak sekolah dan masyarakat.

Program sekolah adalah penjabaran kegiatan dan anggaran sekolah dalam rangka mencapai visi dan misi sekolah. Secara garis besar materi pelatihan bertujuan membekali kepala sekolah:

  1. Memahami pentingnya sekolah untuk memiliki visi dan misi yang jelas mengenai pendidikan karakter
  2. Mengidentifikasi harapan-harapan masa depan sekolah yang diinginkan bersama antara pihak sekolah dan masyarakat dalam bentuk kata kerja operasional
  3. Menyusun kata kerja operasional yang sudah teridentifikasi menjadi sebuah kalimat yang mudah diingat sebagai visi sekolah
  4. Membuat program sekolah yang realistis dan dapat diaplikasikan
  5. Membuat agenda kegiatan harian (jadwal) sebagai representasi program sekolah
  6. Mengembangkan peraturan (tata tertib) sekolah
  7. Menyusun rencana tindak lanjut pelaksanaan program

Agnito Moningka, Fasilitator Nasional Intel Teach Program. sedang menyampaikan materi pembautan Visi dan Misi Sekolah berkarakter.

Sebagai dasar dari pelaksanaan Program Trakindo Bangun Karakter Bangsa, para kepala sekolah sebagai salah satu bagian penting dalam penentu berhasil atau tidaknya sebuah program berjalan di sekolah tersebut, diberikan materi tentang bagaimana merancang Visi dan Misi sekolah yang berkarakter. Edukasi101 diberi kepercayaan oleh PT. Trakindo Utama untuk melaksanakan lokakarya kepemimpinan dan program Trakindo Bangun Karakter Bangsa di 40 SDN binaan PT. Trakindo Utama.

Tower Project, Peserta ditantang untuk membuat sebuah tower yang setinggi-tingginya menggunakan bagian dari ballpoint.

Pelaksanaan lokakarya sendiri dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2016 di Hotel Amaris Thamrin City, yang diikuti oleh 40 orang Kepala Sekolah. Lokakarya yang berlangsung selama sehari penuh diikuti oleh peserta dengan penuh antusias, karena materi tersebut adalah materi yang sangat penting bagi kepala sekolah sebagai dasar penentu arah kebijakan sekolah.

Peserta sedang mengikuti Ice Breaking untuk memecahkan kejenuhan.
Para Kepala Sekolah berkolaborasi menyusun Visi dan Misi Sekolah Berkarakter, dipandu oleh co-fasilitator.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of