Workshop Pemanfaatan Virtual Reality dalam Pendidikan

Virtual Reality adalah teknologi yang membuat pengguna  dapat berinteraksi dengan suatu lingkugan  yang disimulasikan oleh komputer. Hal ini memungkinkan seseorang dapat merasakan sensasi yang seoalah-olah orang itu hadir langsung di linkungan tersebut.

Dalam perkembangannya, VR sangat memungkinkan dapat diterapkan dalam dunia pendidikan. Bahkan VR dapat sangat membantu memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi yang sedang dibahas. Sehingga siswa dapat merasakan langsung object yang sedang dipelajarinya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Indosat Ooredoo menyelenggarakan workshop pemanfaatan VR dalam pendidikan. acara yang dibuka langsung oleh Ibu Ripy Mangkoesoebroto selaku Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo ini di hadiri oleh 150 orang siswa dan guru pendamping dari tiga sekolah dasar negeri di Kota Tangerang. tiga sekolah neger tersebut adalah SDN Cikokol 1, SDN Cikokol 2 dan SDN Cikokol 4 Tangerang. Dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 206, bertempat di Aditorium Indosat Ooredoo berlangsung selama satu hari penuh.

Selama acara berlangsung peserta diajak untuk belajar dan bermain menggunakan VR, hal ini dilakukan untuk menunjukan kepada guru-guru yang hadir bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan VR. Tema yang diambil untuk materi pembelaran pada workshop ini adalah tentang panorama bawah laut Indonesia. Respon peserta pun sangat senang, karena mereka seolah-olah berada langsung di tempat objek dari materi yang sedang dipelajari pada saat itu. Harapannya, pembelajaran menggunakan VR ini dapat membantu guru yang terkadang mengalami kesulitan dalam memberikan pehaman kepada siswa pada suatu materi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *