Menu Tutup

Buku Bunga Rampai Praktik Baik Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Sekolah Dasar SPMI Kabupaten Sukabumi

Untuk memperkuat penerapan Kurikulum 2013 dan Penguatan Pendidikan Karakter di pendidikan dasar di Kabupaten Sukabumi, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi bekerja sama dengan Edukasi101 melaksanakan lokakarya dan pendampingan Program Contextual Teaching and Learning (CTL) bagi Sekolah Dasar SPMI untuk menerapkan pembelajaran aktif, penguatan pendidikan karakter dan meningkatkan kompetensi Abad 21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Inkuiri.

Cover Depan Buku Bunga Rampai Praktik Baik Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Sekolah Dasar SPMI Kabupaten Sukabumi

Pelatihan Pembelajaran Berbasis Proyek (Proyek Based Learning/ PjBL) dan Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry Based Learning/IBL) merupakan salah satu materi program yang diberikan kepada 47 Sekolah Dasar Negeri SPMI di Kabupaten Sukabumi. Yang merupakan materi diseminasi dalam Program Trakindo Bangun Karakter Bangsa yang dikembangkan oleh PT. Trakindo Utama dan Edukasi 101.

“Buku ini merupakan rangkuman beberapa contoh PjBL yang diterapkan di sekolah dan merupakan bentuk dukungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi terhadap implementasi kurikulum 2013 serta program pemerintah yang dicanangkan yaitu gerakan Penguatan Pendidikan Karakter”.


Mohammad Solihin, M.M.Pd.
Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi

Hasil perancangan pembelajaran dari pelatihan dan pendampingan Program Contextual Teaching and Learning (CTL) bagi Sekolah Dasar SPMI ini kemudian diterapkan oleh para Guru bersama para siswa di kelas-kelas mereka, untuk kemudian didokumentasikan dalam buku praktik baik “Bunga Rampai Praktik Baik Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Sekolah Dasar SPMI Kabupaten Sukabumi” ini.

Buku ini merupakan kumpulan praktik baik penerapan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis inkuiri Sekolah Dasar SPMI di Kabupaten Sukabumi, sebagai bentuk inovasi dalam penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Buku ini berisikan contoh pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek/Project Based Learning (PjBL) dan Pembelajaran Berbasis Inkuiri/Inquiry Learning (IBL) yang diterapkan pada sekolah binaan dalam program SPMI di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Sistematika pembelajaran dijelaskan secara runtut dan jelas sehingga dapat menjadi acuan bagi guru yang membacanya. Melalui model pembelajaran ini, harapan besar karakter baru siswa akan terbentuk.

Praktik baik manfaat dari Program Contextual Teaching and Learning (CTL) bagi Sekolah Dasar SPMI dapat memberi manfaat lebih luas jika pengalaman mengajar Guru dengan model pembelajaran ini dapat disebarluaskan dan diakses dengan mudah oleh masyarakat serta mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Kelompok Kerja Guru/Kepala Sekolah atau Sekolah untuk diimplementasikan dalam program pengembangan kompetensi Guru.

Cover Belakang Buku Bunga Rampai Praktik Baik Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Sekolah Dasar SPMI Kabupaten Sukabumi

Buku ini merupakan bentuk dukungan PT. Edukasi101 dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi terhadap program pemerintah yang dicanangkan yaitu gerakan Penguatan Pendidikan Karakter, harapan kami buku ini menjadi referensi mengisi penguatan pendidikan karakter bagi seluruh sekolah di Indonesia.

Cuplikan dari buku ini dapat diunduh pada link yang terdapat di bawah postingan ini. Anda juga dapat mendapatkan versi cetaknya dengan melakukan pemesanan dengan menghubungi Edukasi101 pada kotak kontak yang tersedia. Selamat membaca!