Menu Tutup

Buku Seri Belia Berkarya : Ceritaku Imajinasiku, Kumpulan Cerita Pendek Anak Nusantara

Para siswa-siswa SD Negeri Batulicin 01 Tanah Bumbu Kalimantan Selatan dan SDN Inpres Polder Merauke Papua berkolaborasi untuk membuat sebuah buku kumpulan karya cerita pendek dengan didampingi Bapak/Ibu Guru mereka. Karya ini merupakan persembahan mereka untuk menginspirasi siswa/i lain untuk bersama-sama menulis, menyampaikan pesan-pesan baik ke seluruh penjuru negeri dan mengajak untuk terus berkreasi agar para siswa/i Sekolah Dasar di Indonesia melek literasi baca dan tulis.

Seperti kita ketahui bersama bahwa tingkat literasi Indonesia, khususnya literasi baca berada di peringkat ke-60, hanya satu tingkat di atas Botswana dari hasil penelitian dilakukan organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan PBB (UNESCO) pada 2016 terhadap 61 negara di dunia. Hasil studi yang dipublikasikan dengan nama “The World’s Most Literate Nations”, menunjukan kebiasaan membaca di Indonesia tergolong sangat rendah. Dengan kondisi seperti ini, para pendidik, kepala sekolah, stakeholder pendidikan daerah dan pusat serta orang tua dan masyarakat memiliki pekerjaan rumah yang besar untuk bersama-sama meningkatkan kecakapan literasi dasar para siswa di Indonesia agar tidak ketinggalan dibandingkan negara-negara lain.

Cover Depan Buku Seri Belia Berkarya “Ceritaku Imajinasiku, Kumpulan Cerita Pendek Anak Nusantara”

Hal inilah yang mendasari dua orang Guru Inovatif dari dua Sekolah Negeri di Kalimantan Selatan dan Papua ini berkeinginan besar untuk mengakselerasi para siswa-siswi mereka agar meningkat kemampuan literasi baca dan tulisnya. Di benak mereka, siswa tidak hanya punya minat baca yang tinggi namun harus mampu berkreasi, menuangkan ide dan imajinasi mereka dalam tulisan-tulisan yang menginspirasi. Untuk itu, Ibu Deasy Reyaan (Guru SDN Inpres Polder Merauke Papua) dan Pak Rafii Hamdi (Guru SDN Batulicin 01 Tanah Bumbu Kalimantan Selatan) berkolaborasi mewujudkan hal ini.

Di dalam kelas para siswa pun mulai dipandu untuk menemukan ide cerita, merancang tulisan dan menuangkan imajinasinya hingga jadilah 20an karya cerita pendek yang dirangkai dalam sebuah Buku Seri Belia Berkarya “Ceritaku Imajinasiku, Kumpulan Cerita Pendek Anak Nusantara” yang akhirnya diterbitkan oleh Edukasi101 Media Publishing. Menariknya bahwa selain karya cerita pendek yang dimuat adalah karya otentik dan original dari para siswa yang ditulis pada saat pembelajaran, cerita-cerita yang ditulis anak-anak ini sarat dengan pesan-pesan moral sesuai dengan karakter bangsa Indonesia. Banyak pesan yang disampaikan, dari keteladanan, kepedulian, gotong-royong dan lain-lain.

Cover Belakang Buku Seri Belia Berkarya “Ceritaku Imajinasiku, Kumpulan Cerita Pendek Anak Nusantara”

Dua Sekolah Dasar tempat para siswa-siswi bersekolah tersebut merupakan sekolah mitra dari PT Trakindo Utama dalam program pengembangan sekolah Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo dan buah karya tulisan yang diterbitkan dalam sebuah buku ini diharapkan dapat memercikkan api semangat para Guru dan Siswa untuk terus melahirkan karya-karya terbaik mereka. Ayo simak karya mereka yang menginspirasi!

Versi digital buku ini (e-book) dapat diunduh pada link yang terdapat di bawah postingan ini. Anda juga dapat mendapatkan versi cetaknya dengan melakukan pemesanan dengan menghubungi Edukasi101 pada kotak kontak yang tersedia. Selamat membaca!