Menu Tutup

Edukasi101 Kembangkan SIMETRIK untuk Penilaian Kinerja Literasi dan Numerasi Siswa di Indonesia

Dalam rangka mendukung pemerintah Indonesia dalam peningkatan literasi dan numerasi siswa, Edukasi101 mengembangkan alat asesmen literasi bernama SIMETRIK atau Sistem Informasi Asesmen Literasi dan Numerasi Berbasis Kinerja sebagai sistem penilaian kemampuan literasi dan numerasi siswa di Sekolah Dasar dengan melibatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Suasana penilaian kinerja literasi dan numerasi siswa menggunakan aplikasi SIMETRIK Enumerator

SIMETRIK merupakan pengembangan lanjutan dari Total Quality Assessment yang telah dikembangkan oleh Bapak Sunarto, M.Pd yang telah diujicobakan sebagai alat penilaian literasi dan numerasi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Sistem penilaian tersebut kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Edukasi101 bekerjasama dengan praktisi pendidikan di Indonesia untuk memudahkan pemantauan dan penilaian kinerja literasi dan numerasi siswa, di tingkat sekolah dan wilayah serta nasional.

Lahirnya SIMETRIK dilatarbelakangi beberapa masalah sebagai berikut:

  1. Proses penilaian kinerja literasi dan numerasi memerlukan alat penghitung waktu sehingga perlu stopwatch sehingga kurang praktis. Jika menggunakan jam biasa pengukuran waktu kurang akurat.
  2. Pencatatan data hasil penilaian kinerja literasi dan numerasi siswa yang dilakukan menggunakan media kertas menjadi kurang praktis dan boros karena perlu waktu dan tenaga untuk memasukkan data ke computer dan mengolah hasilnya, berbiaya tinggi dan tidak ramah lingkungan.
  3. Hasil analisis penilaian kinerja literasi dan numerasi tidak dapat diketahui secara real-time jika menggunakan cara konvensional.

Dengan hadirnya SIMETRIK diharapkan sekolah dan dinas pendidikan dapat dengan cepat dan efektif melakukan penilaian dan pengolahan hasil penilaian serta melakukan analisis untuk pengambilan kebijakan dengan cepat dan berdasarkan bukti data. Dengan pemantauan dan penilaian yang akurat dan efektif maka dapat diharapkan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa Indonesia dapat terakselerasi.

Suasana penilaian kinerja literasi dan numerasi siswa menggunakan aplikasi SIMETRIK Enumerator

SIMETRIK sebagai system informasi terdiri dari beberapa aplikasi, yaitu :

  1. SIMETRIK Superadmin. Aplikasi berbasis web untuk mengelola lembaga dan pengguna SIMETRIK, visualisasi hasil analisa penilaian kinerja dan mencetak berbagai laporan
  2. SIMETRIK Enumerator. Aplikasi mobile berbasis Android yang digunakan oleh Enumerator untuk melakukan penilaian kinerja literasi dan numerasi siswa
  3. SIMETRIK Eksekutif. Aplikasi mobile berbasis Android yang digunakan untuk stakeholder di tingkat sekolah dan daerah untuk memantau hasil penilaian kinerja literasi dan numerasi.

SIMETRIK telah diujicobakan untuk penggunaan yang lebih luas di Kabupaten Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Kabupaten Sumbawa Besar dan Kabupaten Sumbawa pada sekolah-sekolah dasar penerima program Linumeratif (Literasi dan Numerasi Inovatif) yang dijalankan oleh INOVASI untuk Anak Sekolah Indonesia bersama Edukasi101 pada Tahun 2018 – 2019.

Tampilan aplikasi mobile SIMETRIK Enumerator

Tepatnya pada Bulan Mei 2019, beberapa sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumbawa Barat dan Sumbawa di provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan ujicoba pemanfaatan SIMETRIK (Sistem Informasi Asesmen Literasi dan Numerasi Berbasis Kinerja) di sekolah-sekolah binaan program INOVASI untuk Anak Sekolah Indonesia.

Dalam ujicoba ini, SIMETRIK digunakan untuk melakukan penilaian akhir TKD (Tes Kompetensi Dasar) siswa untuk kecakapan berhitung, membaca dan menulis pada Kelas 1 sampai 3 di jenjang Sekolah Dasar pada 33 (tiga puluh tiga) SD mitra program INOVASI untuk Sekolah Anak Indonesia.

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of