Menu Tutup

Kelase Perbaharui Fitur Live Lecture dengan Penambahan Jumlah Presenter dan Hadirkan Halaman Seminar Online

Sejak beberapa bulan diluncurkan, Kelase Live Lecture sebagai fitur pembelajaran sinkronus untuk pelaksanaan pembelajaran online live dari Kelase telah mengalami beberapa kali perubahan versi untuk memperkaya fungsionalitasnya. Baru-baru ini Live Lecture telah diperbaharui dengan penambahan kemampuan agar dapat menampilkan lebih banyak Presenter dalam setiap sesi perkuliahan live-nya, setelah di versi sebelumnya fitur ini hanya mampu untuk menampilkan satu orang Presenter saja. Selain itu untuk memudahkan lembaga pendidikan dalam pelatihan dalam menggelar Seminar Online memanfaatkan Live Lecture, Kelase melengkapi layanannya dengan menambahkan halaman Seminar.

Kelase Live Lecture dikembangkan oleh Kelase (Edukasi101) untuk mengakomodir kebutuhan lembaga pendidikan dan pelatihan dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan jarak jauh secara sinkronus. Dalam pembelajaran yang sinkronus, pelajar dan instruktur berada di tempat yang sama (Kelase) dan pada waktu yang sama. Ini mirip dengan kelas tatap muka namun menggunakan ruang dan media teknologi dalam melaksanakan pertemuannya.

Fitur ini hampir mirip dengan layanan video conference yang ada saat ini seperti Skype, BigBlueButton ataupun Zoom, namun ada perbedaan dari Kelase Live Lecture dimana fitur ini dikembangkan agar dapat hemat bandwidth, untuk jumlah pengguna yang besar (up to 1.000 peserta dalam setiap sesi) dan dirancang khusus untuk keperluan pembelajaran sehingga terdapat fitur-fitur khusus didalamnya, yaitu adanya Whiteboard untuk menampilkan presentasi dan menggambar, upload handout (bahan ajar), chatting/obrolan dengan tombol “Angkat Tangan” untuk mengajukan diri berbicara, video presenter (pembicara dan peserta) serta kemampuan untuk melakukan pencatatan akan kehadiran peserta.

Kelase Live Lecture versi pertama yang hanya dapat menampilkan satu orang presenter saja.

Kelase Live Lecture telah mengalami beberapa kali perubahan. Sebelumnya Kelase Live Lecture hanya mampu menampilkan 1 orang Presenter saja, kemudian berkembang dengan mampu menampilkan 2 orang Presenter dan saat ini dikembangkan agar dapat menampilkan 7 orang Presenter dalam format audio video. Mengapa hanya 7 orang Presenter.

Kelase Live Lecture versi kedua yang hanya memperbolehkan dua tampilan video presenter.

Layanan Kelase Live Lecture dapat diakses di halaman kelas online yang ada di menu Belajar di dalam Kelase. Selain itu, untuk memudahkan lembaga dalam menyelenggarakan seminar online, Kelase juga menambahkan sebuah menu baru yaitu Seminar yang memungkinkan lembaga membuat Live Lecture untuk semua anggota lembaga, misalnya untuk menyelenggarakan Sarasehan Online, Seminar Online, Kuliah Umum Online dsb.

Kelase Live Lecture versi terbaru yang memungkinkan 7 orang presenter untuk tampil secara bersama-sama.

Fitur Kelase Live Lecture kini menjadi primadona ditengah penerapan School From Home / Home Learning karena pandemi Covid-19 ini dimana lembaga pendidikan banyak memanfaatkannya untuk melaksanakan pengajaran jarak jauh berupa webinar, perkuliahan dan lokakarya online dengan peserta yang banyak. Fitur Kelase Live Lecture ini dapat ditemukan di aplikasi Kelase versi Pro atau Premium. Edukasi101 memberikan kesempatan ujicoba bagi perusahaan, lembaga pendidikan dan komunitas yang ingin memanfaatkan layanan ini. Silahkan kontak email : support@edukasi101.com untuk informasi lebih lanjut.