Menu Tutup

Lenterahati Islamic Boarding School Mataram Sukses Selenggarakan Penilaian Tengah Semester Online dengan Kelase

Sudah 2 (dua) tahun ini Lenterahati Islamic Boarding School Mataram, Nusa Tenggara Barat melakukan transformasi digital dengan integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran dengan memanfaatkan platform pembelajaran online Kelase. Di sekolah ini, semua siswa diwajibkan untuk menggunakan laptop/notebook mereka masing-masing untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

“Di SD dan SMP Lenterahati Islamic Boarding School, kami telah memulai untuk memberikan penugasan dan latihan soal secara online atau tanpa kertas sejak dua tahun yang lalu. Dengan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, anak-anak menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran, karena ini cara belajar yang sesuai dengan jaman mereka, para siswa.” ungkap Dr. MA. Muazar Habibi, S.Psi, M. Psych, M.Pd selaku Pembina Yayasan Lenterahati Islamic Boarding School Mataram.

Suasana Penilaian Tengah Semester Online di SD & SMP Lenterahati Islamic Boarding School Mataram, Nusa Tenggara Barat

“Kesuksesan penerapan pembelajaran digital seperti ini berkat dukungan dari Yayasan, Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Orang Tua yang dengan senang hati mendorong agar perubahan ini terwujud. Dan Alhamdulillah kami telah berhasil mentransformasi kegiatan di kelas sehingga selama dua tahun ini para Guru di SD maupun SMP sudah menerapkan penugasan dan ujian tanpa kertas atau paperless” ujar Ustadz M. Jaozi, S.Pd sebagai Kepala SMP Lenterahati Islamic Boarding School Mataram.

Laptop/Notebook Siswa Mengakses Latihan Soal Online pada Website e-Learning Sekolah yang Menggunakan Kelase Learning Management System

“Awalnya kami sedikit ragu, apakah mungkin kegiatan Ujian/Penilaian Tengah Semester di sekolah kami dapat dilaksanakan secara online. Namun setelah menerapkan latihan soal online beberapa kali kepada para siswa, dan ternyata lancar serta berhasil, maka para Guru memutuskan untuk melakukan Penilaian Tengah Semester (PTS) ini secara full online memanfaatkan platform Kelase” ujar Bunda Reni Agustina, S.Pd selaku Kepala Sekolah Dasar Lenterahati Islamic Boarding School Mataram.

Para siswa SMP Lenterahati Islamic Boarding School sedang Mengerjakan Soal Penilaian Tengah Semester Secara Online di Website eLearning Sekolah yang Ditenagai oleh Kelase LMS (Learning Management System).

Hal ini di-amini oleh para Guru di SD dan SMP Lenterahati Islamic Boarding School Mataram seperti Bunda Husnul Faizah, S.Pd dan Bunda Ridhatu Rohmy M., ST. yang menyatakan bahwa dengan penerapan Penilaian Tengah Semester secara online seperti ini para Guru menjadi lebih mudah dalam memeriksa hasil pekerjaan ujian dari para siswa karena hasilnya dapat diketahui secara real-time. Selain itu kata mereka, ujian tengah semester seperti ini harus terus dilakukan karena sekolah jadi lebih hemat dalam penggunaan kertas sehingga sekolah turut andil dalam menjaga lingkungan.

Suasana Penilaian Tengah Semester Online di SD Lenterahati Islamic Boarding School Mataram

SD dan SMP Lenterahati Islamic Boarding School Mataram adalah salah satu sekolah yang memanfaatkan platform belajar online Kelase untuk mendukung kegiatan belajar mengajar memanfaatkan teknologi sejak tahun 2017. Website e-Lerning sekolah ini yang ditenagai oleh Kelase LMS (Learning Management System) dapat diakses di http://lenterahati.kelase.id Untuk dapat secara efektif memanfaatkan Kelase dalam pembelajaran, para Guru di sekolah ini secara intensif didampingi oleh Samsul Fahrozi sebagai Kelase Smart Teachers sekaligus penggagas komunitas Kelase NTB.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of