Menu Tutup

Melihat Keberhasilan Transformasi Digital SDN Sukapura 05 Pagi Jakarta Memanfaatkan Kelase

Sekilas, secara fisik sekolah dasar negeri ini sama dengan kebanyakan sekolah dasar negeri di Indonesia, namun ada yang berbeda dan menarik dari sekolah dasar negeri yang berada di sudut Kota Jakarta Utara ini. Sejak Tahun 2019, SDN Sukapura 05 Pagi Jakarta Utara ini telah menerapkan pembelajaran digital dengan melakukan penugasan, latihan soal dan ujian semester secara online/digital atau tanpa kertas (paperless) memanfaatkan platform pembelajaran online Kelase.

Paska mendapat pendampingan literasi digital dan integrasi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam pembelajaran dari Program “IT for Learning” Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) atau Save The Children, maka sekolah dasar ini kini menerapkan pembelajaran digital dengan memberikan penugasan, latihan soal dan tes secara online atau digital dengan platform pembelajaran online Kelase. “Keberhasilan transformasi digital ini tidak lepas dari dukungan segenap komponen sekolah meliputi kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa”, ungkap Fajar Swakuniawati, S.Pd selaku Kepala Sekolah di sekolah ini.

Ibu Fajar Swakuniawati, S.Pd didampingi Bapak Nonet S. Wibowo, S.Pd menjelaskan cara mengakses latihan soal dan test di website sekolah SDN Sukapura 05 Pagi kepada para siswa.

“Disini para siswa menggunakan gadget milik mereka, ada yang pakai handphone, tablet atau laptop untuk mengakses latihan soal dan ujian semester di sekolah ini. Menurut para siswa, mereka merasa senang dengan pembelajaran seperti ini” ungkap Nonet S. Wibowo, S.Pd selaku Guru di SDN Sukapura 05 Pagi

Para siswa menggunakan handphone, tablet dan laptop mereka untuk latihan soal dan ujian semester secara online di web sekolah mereka dengan platform pembelajaran online Kelase.

“Sebelumnya sekolah telah mengundang orang tua siswa untuk menginformasikan rencana implementasi pembelajaran digital ini, untuk mensosialisasikan penggunaan gadget secara bijak dan memohon dukungan mereka untuk mengizinkan anak-anak mereka membawa gadget (handphone, tablet atau laptop) ke sekolah untuk dipakai sebagai sarana belajar. Alhamdulillah mereka setuju” ungkap Aria Setiawan, S.Pd.SD salah satu Guru yang menerapkan pembelajaran digital di kelasnya.

Suasana sosialisasi rencana pembelajaran digital SDN Sukapura 05 Pagi Jakarta Utara kepada para orang tua siswa

“Dengan implementasi pembelajaran digital seperti ini maka selain hemat kertas para Guru juga dimudahkan dalam memeriksa hasil ujian yang ada. Kami baru saja menyelesaikan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dan alhamdulillah semua dapat dilalui dan berjalan dengan lancar” ujar Aria Setiawan, S.Pd.SD.

Salah seorang siswi SDN Sukapura 05 Pagi mengakses tes online di website sekolah mereka

“Untuk menyongsong revolusi industri 4.0 sekolah harus melakukan transformasi digital supaya tidak tertinggal termasuk transformasi pembelajaran. Saat ini kita telah dimudahkan dengan hadirnya teknologi, jadi sudah tidak ada alasan untuk tidak berubah” ujar Ibu Fajar menutup diskusi.

Suasana Penilaian Tengah Semester secara online di SDN Sukapura 05 Pagi Jakarta Utara di kelas Bapak Aria Setiawan, S.Pd.SD

SDN Sukapura 05 Pagi Jakarta Utara adalah sekolah mitra program “IT for Learning” Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) atau Save The Children yang menggunakan Kelase sebagai platform pembelajaran online untuk sekolahnya. Website sekolah yang dibangun menggunakan platform Kelase dari sekolah tersebut dapat diakses di http://www.sdnsukapura05.sch.id/.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Admin SDN Sukapura 05 Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Admin SDN Sukapura 05
Guest

Terimakasih untuk STC, Edukasi101, dan semua pihak atas bimbingan serta support nya…